Dandim Magelang Hadiri Rakor Sukseskan Pemilu 2024

    Dandim Magelang Hadiri Rakor Sukseskan Pemilu 2024
    Dandim saat memaparkan rencana kegiatan pengamanan Pemilu di Kabupaten Magelang

    MAGELANG - Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda, KPU dan Bawaslu Kabupaten Magelang di Gedung Pertemuan PDAM Tirta Gemilang Kota Mungkid. Jumat (02/02/23).

    Kegiatan ini dilakukan agar penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan sukses serta memenuhi asas umum, bebas, rahasia, jujur, adil serta aman dan kondusif.

    Dalam sambutannya, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, S.H, M.Si. menyampaikan bahwa secara umum Kodim 0705/Magelang siap mendukung pelaksanaan pengamanan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

    Menurutnya, pemilihan umum merupakan salah satu tonggak demokrasi yang penting bagi negara Indonesia. Dan Pemilu 2024 merupakan momentum yang sangat krusial dalam melanjutkan tradisi demokrasi yang telah kita bangun selama ini.

    Selain itu kesadaran politik di masyarakat perlu ditingkatkan, hal ini dapat dilakukan melalui kampanye pendidikan yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilihan yang bertanggung jawab dan pemilihan calon berdasarkan program dan visi mereka.

    "Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga, mengawal dan mewujudkan terselenggaranya pemilu yang aman dan damai melalui kerjasama yang sinergis antar seluruh stakeholder, " tandas Dandim.

    Sementara itu Pj. Bupati Magelang Sepyo Achanto mengungkapkan, Pemilu esensinya merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu yang baik adalah Pemilu yang diselenggarakan sesuai dengan nilai-nilai demokrasi di suatu negara termasuk Indonesia.

    Pemilu damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif. Dan pemerintah senantiasa menjaga kondusifitas dan keamanan selama pelaksanaan Pemilu. 

    Ia juga mengajak kepada semua lapisan masyarakat agar ikut serta dalam mensukseskan Pemilu yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Harapannya partisipasi masyarakat Kabupaten Magelang dalam menggunakan hak pilihnya diatas 80%.

    "Untuk itu kami berharap agar Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah, Kepala Desa serta pemangku kepentingan lainnya yang hadir agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk berbondong-bondong datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya, " ujarnya.

    Setelah kegiatan rakor dilanjutkan peninjauan lokasi logistik Pemilu oleh Forkopimda, KPU dan Bawaslu di 3 titik lokasi yaitu di GOR Gemilang, Gedung TEA Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan dan Gudang Tembakau Desa Keji Kecamatan Muntilan.


    Pendim0705/Mgl

    Agung widodo

    Agung widodo

    Artikel Sebelumnya

    Kegiatan Senam Lintas Sektor Diikuti Anggota...

    Artikel Berikutnya

    Pererat Tali Silaturahmi dan Sinergitas,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Warga Desa Bandarsedayu Dukung Penuh Irjen Pol Ahmad Lutfi Jadi Gubernur Jateng
    Paguyuban Petani Sayur Ngablak Siap Dukung Irjen Ahmad Lutfi Maju Pilgub Jateng 2024
    Air Sebagai Sumber Kehidupan, Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Bor Sumur Untuk Pertanian di Desa Penambangan
    Silaturahmi dengan Tiga Pilar, Irjen Pol Ahmad Luthfi: Ciptakan Energi Positif 
    Tingkatkan Kwalitas Prajurit, Kodim Magelang Gelar Binsiap Apwil dan Puanter

    Ikuti Kami